Tips Sehat Masak Mie Instant

"Assalamualaikum sobat Anfa"



Kali ini ane mau share tips seputar makanan ni, tentunya makanan ini pasti yang paling sering sobat makan, apakah makanan itu ??? namanya adalah "mie instan" ya Mie instan selalu menjadi pilihan kebanyakan orang, terutama bagi mereka yang memiliki sedikit waktu untuk membuat makanan. mie instan bisa dikatakan 1 solusi untuk dua masalah, solusi pertama membuat menu cepat dan solusi ke 2 memanjakan lidah dengan biaya murah.
Namun sangat disayangkan kebanyakan mie instanternyata tidak baik untuk kesahatan, pastinya kita semua tau tentang hal ini. karna selain mengandung pengawet, mie instan juga memiliki bahan kimia yang disebut Bisphenol A digunakan untuk mengemas mie dalam wadah.
Menurut Dr. Shin bahan pengawet dan kimia yang ada pada mie instan, jika dikonsumsi akan menyebabkan penyakit berbahaya. sebut saja sindrom kardiometabolik seperti jantung, stroke dan diabetes. dimana kita ketahui penyakit2 tersebut penyebab kematian.
Bisa dikatakan makanan ini adalah racun yang membunuh secara perlahan. namun jangan khawatir, karna ada beberapa tips agar terhindar dari bahaya mengkonsumsi mie instan. dibawah ini uraiannya silahkan baca :

1. Meng ekstrak kandungan berbahaya pada mie



yang membuat mie menjadi makanan tidak sehat, yaitu kandungan kimia dan pengawet pada mie. nah kita bisa mengestraknya agar tidak ikut kita nikmati. caranya : rebus mie instan sampai matang (rebus tanpa bumbu), setelah mie matang, buang air rebusan tersebut lalu ganti dengan air panas yang masih bersih dari termos ataupun dispenser. kemudian bumbui dengan bumbu mie.


cara masak mie seperti ini, memang membuat mie tidak begitu sedap seperti biasanya. namun kesehatan adalah yang utama diatas segala galanya.

2. tambahkan cabe



dalam mie instan tentunya sudah disertakan bumbu yang membuat mie memiliki rasa yang lezat. namun lebih lezat jika memasak mie instan di tambah juga dengan bumbu tradisional, seperti bawang merah bawang putih dan cabe. karna kita ketahui cabe merupakan rempah rempah yang mengandung anti oksidan yang baik untuk kesehatan. karna kita ketahui, antioksidan dapat mengurangi resiko stroke atau penyakit penyakit yang disebabkan oleh mie instan

3. berikan campuran sayuran berserat tinggi



Nah biar lebih sedap, tambahkan juga sayuran seperti sawi, kubis dan mentimun kedalam mie. selain membuat mie semakin sedap, tentu kita bisa mengambil manfaat sehat yang terkandung dalam sayuran sayuran tersebut. reseiko diabetes, stroke dan penyakit penyakit berbahaya dapat dikurangin oleh serat dalam sayuran.

Yummy Akhirnya mie siap untuk di hidangkan,, insyaallah bila proses memasak mie instan dengan cara diatas akan terjamin kesehatannya :)



ada catatan penting nih dari sobat blog yg pernah kerja di pabrik mie katanya :

Benar kata YA DIATAS rebusan air mie pertama mesti dibuang.tepung yang dipakai untuk pembuatan mie adalah tepung manildra yang kemudian di ayak sebelum dipakai jadi yang terpakai adalah tepung yang benar2 bersih dan halusKemudian yang membuat mie itu berwarna kuning adalah alkali, sampe sekarang pun ane g pernah tau apa aj yang terkandung dalam alkali tersebut karena sudah datang dalam bentuk bubuk kemudian dicampur dengan air demin yang kemudian di aduk bersama tepung tadiSetelah rata kemudian masuk ke mesin yang bernama doughsheet yang berfungsi untuk membuat lembaran, kemudian diteruskan ke mesin roll press untuk menipiskan lembaran tadi sampai pada ketipisan yang diinginkanKemudian diteruskan ke slitter untuk membuat mie menjadi meriting dan membagi lembaran tadi menjadi 6 bagianSetelah itu mie di beri steam dengan suhu +/- 150 derajat celcius (gampangnya dikukus)Kemudian masuk ke mesin cutting untuk dipotong dan dilipat, coba agan perhatikan mie sebelum direbus pasti bentuknya terlipatBaru masuk ke frying untuk digorengSetelah itu ditiriskan dan dimasukkan ke cooling fan, ini berguna untuk mengeluarkan sisa minyak dan mendinginkannya sebelum di packing sehingga tidak berjamurSetelah itu barulah mie masuk di channelizer yang kemudian diberi bumbu oleh petugas bumbuBaru mie di packing apabila kemasan dipencet dan ternyata angin yang terdapat didalam kemasan berkurang maka mie tersebut dinyatakan tidak layak jualapabila merunut kejadian di atas maka sebenarnya mie telah aman, dikarenakan ada petugas QC yang selalu melakukan pengecekan dari mulai tepung akan masuk ke mesin ayak sampai mie dikemas.tapi yang jadi masalah orang yang bekerja pada pabrik mie belum tentu tahu apa saja kandungan yang terdapat dalam alkali yang membuat mie berwarna kuning tersebut, hanya yang ane tau di alkali itu terdapat zat pengawetnya gan.karena itu lebih aman air rebusan pertama dibuang sehingga yang tertinggal hanyalah tepung yang telah menjadi mie.semoga bermanfaat gan, ane cuma bisa bantu segini coz skrg ane dah cabut dari sana


udah sekian deh tips kali ini,, semoga info ini membantu sobat ,, dan yang pasti semoga sobat tetap selalu sehat meskipun sering makan-makan yang instan-instan :) 


sumber :http://bit.ly/1nhKXAQhttp://bit.ly/1rqzuNw

0 Response to "Tips Sehat Masak Mie Instant"

Post a Comment

- Tuangkan saran maupun kritik dan jangan meninggalkan Spam.
- Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan konten yang tersedia.
- Dilarang Promosi disini.