Dampak Positip dan Negatif dari Sosial Media


Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein , media sosial dapat dikategorikan sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".

Di era perkembangan teknologi yang begitu pesat ini , tak heran jika media sosial ataupun jejaring sosial bermunculan. Berbagai kalangan , negara , suku , agama , dll dapat menggunakan media sosial ini dengan mudah dan bahkan bisa terbilang gratis. 

Kita dapat melakukan chatting dengan kerabat ataupun teman jauh , saling bertukar gambar ataupun foto , mengirimkan suara , bertukar informasi bahkan bertatap muka melalui webcam di jejaring sosial . Layanan inilah yang mengakibatkan media sosial berkembang dengan pesat di setiap kalangan.

Di indonesia sendiri , di mulai dari kalangan anak-anak, remaja , dan orang tua , semuanya sangat familiar terhadap situs jejaring sosial. Mereka saling berinteraksi dengan teman jauh ataupun teman baru yang di perolehnya melalui salah satu bagian dari media sosial ini. 

Jika pengguna media sosial ini adalah mereka-mereka yang memiliki jiwa bertanggung jawab , mungkin akan menimbulkan suatu dampak positif bagi pengguna media sosial tersebut. 
Tetapi kebanyakan dari mereka memanfaatkan jejaring sosial sebagai media untuk berbuat kejahatan yang berakibat timbulnya dampak negatif untuk dirinya dan orang lain.

Baiklah disini saya sebagai penulis akan membahas apa saja dampak dari media sosial.

Dampak Positif dari sosial media :

  1. Dapat berinteraksi dengan kerabat jauh
  2. Memperluas pertemanan , baik itu dari sesama negara maupun antar negara
  3. Mendapatkan informasi dengan mudah 
  4. Dapat bertukar informasi antar pengguna media sosial
  5. Penyebaran informasi dapat dilakukan dengan cepat.
  6. Dapat melakukan promosi website , produk , ataupun bisnis secara publik dengan cepat.
  7. Dapat digunakan sebagai media belajar online.

Dampak negatif  dari sosial media:

  1. Yang jauh menjadi dekat , dan yang dekat menjadi jauh . 
      Tentunya anda mengerti dengan yang saya tulis di atas . Tidak bisa di pungkiri bahwa media sosial dapat            mendekatkan hubungan kita dengan kerabat jauh . Tetapi disisi lain , terkadang karena adanya media sosial  kita melupakan orang disekitar kita . Contohnya saja banyak kaum remaja yang bertingkah cuek terhadap teman yang duduk bersebelahan dengannya hanya karena sedang menggenggam gadget yang terkoneksi dengan suatu jejaring sosial . Ini adalah salah satu bukti nyata dari dampak negatif jejaring sosial.

     2. Kaum remaja lebih mementingkan dunia maya daripada kegiatan nyata.
      
      Ini telah terbukti dengan banyaknya remaja yang menghabiskan waktu seharian di internet. tanpa memikirkan pekerjaan yang seharusnya di lakukan oleh kaum remaja

    3.  Tak jarang pengguna jejaring sosial memalsukan data dirinya , kemudian melakukan penipuan dll yang mengakibatkan pengguna lain

Sekian moga ada manfaatnya :)

0 Response to "Dampak Positip dan Negatif dari Sosial Media"

Post a Comment

- Tuangkan saran maupun kritik dan jangan meninggalkan Spam.
- Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan konten yang tersedia.
- Dilarang Promosi disini.