Cara Cek Kuota dan Batasi Kuota Internet di android

Anfa Blog - Perangkat Android akan terasa sia-sia tanpa adanya koneksi Internet. Sebab, hampir seluruh aplikasi dan kegiatan yang dilakukan menggunakan perangkat Android terhubung dengan Internet, baik menggunakan koneksi data 3G maupun WiFi.

Pernahkah kamu merasa seperti "dibohongi" ketika mendapati kuota paket Internet sudah habis padahal aktivitas Internet yang kamu lakukan tidak begitu banyak? Untuk mengatasai rasa penasaran tersebut, kamu bisa memantau sekaligus mengatur lalu lintas data yang kamu lakukan melalui perangkat Android. Caranya sangat mudah dan sederhana, yakni dengan meng-install aplikasi 3G Watchdog. Aplikasi ini juga bisa mendeteksi sumber Internet yang kamu gunakan, apakah menggunakan koneksi 3G atau WiFi. Berikut panduan singkatnya:

  • Setelah selesai instalasi, buka aplikasi 3G Watchdog. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisi batas kuota Internet yang sekiranya kamu butuhkan. Kamu bisa memilih tanggal dimulainya paket Internet berlaku, menentukan jumlah kuota data (bisa pilih dalam satuan B, KB, MB, GB), serta menentukan durasi dalam satuan waktu per hari, minggu, atau bulan.

  • Aktifkan fitur "Alerts" sebagai pengingat apabila kuota kamu sudah mendekati batas yang ditentukan. Kamu bisa tentukan batasan kuota dengan satuan persen. Sebagai contoh, jika kamu memiliki kuota bulanan sebesar 1 GB dan mengisi batasan kuota di angka 50%, maka aplikasi ini akan memberikan notifikasi (mendukung fitur vibrate) ketika kamu sudah menghabiskan data di angka 500 MB. Kamu juga bisa memilih opsi "Auto-disable Mobile data" untuk membuat aplikasi ini mematikan koneksi 3G secara otomatis jika sudah mendekati batas yang ditentukan tadi.

  • Untuk memudahkan pemantauan, pasang widget 3G Watchdog di halaman utama perangkat Android dan atur opsi "Update Frequency" menjadi "every minute". Jadi, kamu bisa terus mendapat update berapa banyak kuota yang sudah terpakai secara realtime setiap menit.

Kini, kamu bisa memantau aktivitas Internet di perangkat Android dan tidak perlu khawatir lagi akan kelebihan kuota maupun merasa "dibohongi" karena paket data Internet yang terasa cepat habis. Oh ya, sebagai tambahan informasi, aplikasi ini juga bisa memantau apa saja aplikasi yang banyak menghabiskan kuota Internet kamu secara realtime.

Like Facebook Page, Gabung Grup Facebook, Follow Twitter atau Add Google+ Anfa blog untuk terus mendapatkan informasi terbaru & tetap selalu setia menjalin tali silaturahmi diantara kita.

0 Response to "Cara Cek Kuota dan Batasi Kuota Internet di android"

Post a Comment

- Tuangkan saran maupun kritik dan jangan meninggalkan Spam.
- Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan konten yang tersedia.
- Dilarang Promosi disini.