DOODLE ART Seni Yang Sering Kita Buat

Tanpa sadar kita pernah mencorat coret buku ataupun kertas bahkan dikulit tangan disaat kita sedang menunggu sesuatu yang sangat lama. Itu merupakan cara cepat untuk menghilangkan kebosanan maupun kejenuhan yang sangat efisien. Tahukah kalian bahwa yang sedang kalian kerjakan saat itu adalah sebuah seni yang begitu bermakna dan mempunyai arti sesuai hati (mood) kalian saat itu.


Seni mencorat coret tersebut dalam bahasa asing disebut DOODLE ART dan yang kita kerjakan adalah doodling (mencorat coret). OKE!! Kali ini kita akan membahas apa sih itu dooling tersebut. Cekidoot !!!

PENGERTIAN DOODLE ART

Doodle Art sendiri adalah suatu gaya menggambar dengan cara mencoret, terlihat abstract, ada yang tidak bermakna juga ada yang bermakna, terkadang karya yang dihasilkan tidak memiliki bentuk yang benar namun terlihat unik dan menarik.


Sebuah karya doodle biasanya melukiskan perasaan si pembuatnya, bisa terlihat dari goresan-goresan yang dihasilkan, kadang keluar tanpa disadari oleh pikiran kita. Doodle art kadang mampu menenangkan hati si pembuatnya. Semakin di buat dengan sepenuh jiwa dan perasaan, karya yang dihasilkan semakin menarik, unik dan bermakna dalam, dan itu membuat karya doodle tidak sekedar jadi hobi corat-coret, tapi juga mempunyai kedalaman makna dan gaya.

Doodle art merupakan sarana berkarya dan berkreatifitas yang murah lagi meriah. Tidak perlu kertas khusus seperti kanvas, di bungkus rokok sekalipun bisa. Doodle art termasuk juga kedalam seni rupa 2 dimensi, dan termasuk kedalam seni desain grafis yang menarik.

Berikut adalah Hasil Karya Para Master Doodle art Dunia :

Uberkraaft




Jabson Rodrigue



Jim Bradsha



James Clapham


SEJARAH DOODLE ART

Doodle Art juga memiliki sejarahnya. Tahu kan coret-coretan yang terdapat di gua-gua jaman dulu? itu salah satu gaya doodle art tertua, bahkan sebelum orang mengenal tulisan, dimana doodling dijadikan alat untuk menceritakan sebuah kisah turun temurun.


Kata doodle pertama kali muncul pada awal abad ke-17 berarti bodoh atau bodoh. Ini mungkin berasal dari Jerman atau Nudeltopf Dusseldorf, berarti bodoh atau mie
Arti modern muncul pada 1930-an baik dari makna ini atau dari kata kerja "untuk berlama-lama", yang sejak abad XVII telah memiliki makna membuang-buang waktu atau karena malas.


TEKNIK DALAM DOODLE ART

Teknik menggambar Doodle seperti teknik menggambar pada umumnya yang biasa menggunakan Arsir, Blok, Linear, Dusel, Pointilis, Aquarel, dan Plakat. Menurut Lei Melendres, Doodle art terbagi menjadi 3 yaitu :

  • Unplanned Doodle atau bisa disebut teknik menggambar doodle dengan cara spontan atau tanpa sketsa.
  • Semi Unplanned Doodle atau bisa disebut Teknik menggambar doodle dengan spontan/ langsung tetapi menggunakan sketsa.
  • Planned Doodle atau bisa disebut Teknik menggambar doodle dengan rencana atau terlebih dahulu dengan menggunakan sketsa agar hasilnya lebih terkonsep dan terbilang rapi.
sekian aja, silahkan kraeasikan bakat seni mu dengan cara buat doodle art sekeren mungkin !!! 

1 Response to "DOODLE ART Seni Yang Sering Kita Buat"

  1. bagus ya hasilnya, dan kern yang bisa bikin doodle ini..
    Papan preheater

    ReplyDelete

- Tuangkan saran maupun kritik dan jangan meninggalkan Spam.
- Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan konten yang tersedia.
- Dilarang Promosi disini.