Cara Kreatif dan sederhana Penerangan Pengganti Lilin




"Assalamualaikum Sobat ANFA"
Salam Silaturahmi Selalu Bagi Sobat Yang Sudah berkunjung ke Blog ini, Saya Ucapkan Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Malam, Apapun Kondisinya, semoga kita senantiasa sehat sentosa dan semoga kita selalu di berikan kesejahteraan hidup oleh yang maha kuasa amin.

Jadi begini ceritanya Pada suatu hari terjadi hujan lebat disertai angin, jam dinding menunjukan pukul 19.30 tiba-tiba Listrik PLN padam, semua pembaca pasti sudah tahu demikian juga penulis langsung aja mengendap-endap mencari HP sebagai alat penerangan sementara, tahap berikut mencari tempat stok Lilin apakah masih ada sambil tanya pada orang yang ada dirumah, Lilin ada dimana ? setelah menghampiri tempat stock Lilin ternyata stok lilin sudah habis atau mungkin ada tinggal sisa-sisa, mau beli ke warung stock di warung sudah habis atau kondisi hujan lebat ada petir.Disinilah mulai penulis mempunyai ide kreatif merencanakan membuat Lampu Penerangan sementara dengan menggunakan Asbak tempat abu rokok dengan bahan bakar Minyak Jlantah yang diberi sumbu dari kapas atau kain katun yang digulung.

Langkah selanjutnya penulis berusaha mencoba untuk mencari asbak tempat abu rokok sebaiknya tempat abu rokok yang terbuat dari selain plastik, penulis sarankan asbak yang terbuat dari beling atau tempat yang tidak bisa terbakar, kemudian isi dengan minyak goreng bekas, karena kalau pakai minyak goreng yang masih baru sayang, ambil kapas atau kalau tidak ada bisa menggunakan kain yang terbuat dari kain katun untuk dijadikan sumbu, maka lentera telah siap untuk dinyalakan dengan korek api kalau tidak ada korek dengan kompor gas, dan akhirnya penerangan sementara karena PLN Padam telah tergantikan oleh penerang dari daur ulang minyak jlantah telah menyala terang untuk pengganti lilin.Tahap berikutnya sumbu sebesar pentol korek sepanjang 4 cm masukan ke dalam minyak yang berada diasbak dan nyalakan. dan hasilnya sumbu tidak bisa dinyalakan bukan?. ya tentu saja api di sumbu akan padam karena sumbu harus ada penopangnya agar tidak terendam dan bisa berdiri. untuk sumbu bisa berdiri bisa ditopang dengan salah satu contoh bahan yaitu berupa batu kerikil, atau bisa menggunakan ide kreatif lainya dengan memanfaatkan sendok garpu seperti contoh gambar dibawah ini :



Adapun minyak Goreng bekas atau ada yang menyebut minyak jlantah bisa digunakan untuk melumasi, engsel pintu, as kipas angin yang bunyi ngorok, rantai sepeda dan lain sebagainya.
Orangtua kami dulu juga meramu minyak jlantah + minyak tanah untuk pelumas mesin jahit agak mesin jahit selalu ngacir jalannya, penulis juga konsultasi dengan tukang service exhous fan menyarakan agar kalau kipas angin atau exhous fan suka bunyi ngorok agar di kasih aja minyak goreng. 
Disarankan minyak jlantah yang dipakai jangan menggunakan minyak jelantah bekas goreng ikan kembung, karena bau kurang sedap.

Udah Segitu Aja Tips nya,, Semoga Bermanfaat,, dan Selamat Mencoba..

0 Response to "Cara Kreatif dan sederhana Penerangan Pengganti Lilin"

Post a Comment

- Tuangkan saran maupun kritik dan jangan meninggalkan Spam.
- Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan konten yang tersedia.
- Dilarang Promosi disini.