5 Aplikasi Android untuk Mempercantik Foto

Anfa Blog -  Memotret sebuah objek tidak selamanya menghasilkan gambar atau foto yang baik dan sesuai harapan, bahkan ketika memotret menggunakan  kamera DSLR sekalipun. Terkadang hasilnya terlihat gelap, terlalu terang, warna tidak muncul, latar belakang berantakan, dan banyak lagi.
Terlebih dengan kamera ponsel yang cenderung tidak memiliki banyak pengaturan dan fitur kamera terbatas. Namun, kamu tidak perlu khawatir, di Android terdapat banyak aplikasi yang dapat mengurangi masalah di atas. Seperti  5 aplikasi berikut ini yang dapat kamu gunakan untuk memperbaiki atau mempercantik foto.
  1. SNAPSEED (Memperbaiki komposisi warna)Snapseed memiliki banyak fitur untuk memperbaiki komposisi warna. Caranya yaitu dengan memilih menu Tune Image, kemudian usap foto dari bawah ke atas, maka akan muncul 6 menu yang bisa kamu gunakan, yaitu Brightness, Ambiance, Contrast, Saturation, Shadows, dan Warmth. Pilih salah satu menu tersebut, kemudian usap foto dari kiri ke kanan atau sebaliknya, maka parameter perubahannya akan langsung terlihat.



    Lakukan hal yang sama dalam menu yang lain sehingga kamu mendapatkan karakter foto yang diinginkan. Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa melakukan crop, rotasi, atau menambahkan efek B&W, Vintage, Drama, HDR, dan efek Blur. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan bingkai foto dari template yang telah disediakan.
  2. PHOTO ART (Agar foto terlihat artistik)Photo Art merupakan aplikasi yang bisa membuat foto kamu terlihat lebih artistik dengan paduan warna tua dan B&W. Ada 32 efek yang bisa kamu temukan dalam aplikasi ini, seperti  sepia, grayscale, tint, B&W, pixelize, mosaic, dan banyak lagi. Pilih menu EFFECT untuk mendapatkan efek warna yang diinginkan, kemudian pilih ukuran dan jenis brush, selanjutnya kamu mulai mengecat bagian gambar yang akan diberi warna.

    Jika terjadi kesalahan mengecat, tap menu PAINT sehingga berubah menjadi ERASE, atau tap sekali lagi menjadi menu ZOOM untuk memperbesar gambar supaya terlihat lebih detil.

  3. AFTER FOCUS (Membuat foto terlihat menarik dengan efek blur)
    Jika kamu menggunakan kamera DSLR, membuat foto denek blur tentu sangatlah mudah. Hanya dengan menggunakan lensa yang memiliki bukaan f/1,4 atau f/2,8 kemudian objek utama  lebih dekat dengan kamera, maka objek yang ada di belakangnya  otomatis akan blur. Bagaimana dengan kamera ponsel? Tidak semua kamera ponsel memiliki efek blur. Tapi kamu tidak usah khawatir, karena di Android  kamu bisa mendapatkan efek blur dengan mudah menggunakan aplikasi After Focus.Pada menu FOCUS, kamu bisa melakukan seleksi bagian objek foto yang akan di fokuskan (brush warna putih). Selanjutnya pada menu BG, seleksi bagian objek foto yang akan di buat blur (brush warna hitam). Untuk melihat hasilnya, pilih tombol NEXT di pojok kanan atas. Selain itu, After Focus juga menyediakan beberapa filter warna seperti B&W, vintage, sepia, antique, dan olive. Hasil akhir kamu dapat menyimpanya ke dalam memori ponsel atau di upload langsung ke media sosial seperti Facebook dan Twitter, atau bisa juga kamu berbagi dengan teman melalui email.

  4. PIXLR EXPRESS (Membuat foto lebih variatif)Banyak hal yang bisa dilakukan dengan Pixlr Express untuk mengolah foto. Mulai dari mengatur komposisi warna, menambahkan efek, overlay, borders, bahkan sampai menambahkan teks. Pada menu Overlay kamu bisa bermain-main dengan beragam efek cahaya.Terdapat 19 jenis efek cahaya yang bisa kamu download secara gratis. Di antaranya seperti efek Firework, Light Paint, Smoke, dan Bokeh. Dalam menu Type, kamu bisa menambahkan teks dengan bermacam-macam jenis font. Selain itu beberapa stiker juga telah disediakan.

  5. PhotoGrid (menampilkan koleksi foto dalam kolase)
    Jika kamu memiliki banyak koleksi foto, kamu juga bisa menampilkannya dalam bentuk kolase agar terlihat menarik. Aplikasi PhotoGrid merupakan salah satu aplikasi Android untuk membuat foto kolase yang menarik.Pada tampilan Home terdapat 6 menu utama, yaitu Grid HD, Single HD Template HD, Filmstrip, Video Slides, dan Free HD. Untuk membuat foto kolase, kamu bisa memilih menu Grid HD. Pada menu ini kamu dapat memasukan hingga 15 foto dalam satu kolase dengan banyak pilihan layout atau tata letak. Menariknya, untuk mengubah layout selain bisa dipilih secara manual, juga bisa dengan cara menggoyangkan ponsel kamu ke kiri dan kanan.Jika posisi foto dirasa kurang tepat, kamu bisa memilihnya kemudian menggesernya sehingga mendapatkan posisi yang pas. Supaya lebih menarik, kamu juga dapat menambahkan teks, stiker, mengganti latar belakang, atau menambahkan filter pada foto.Selain dapat membuat foto kolase, PhotoGrid juga dapat mebuat foto slideshow dengan transisi dan latar belakang musik. Fitur ini dapat kamu temukan dalam menu Video Slides. Sedangkan jika kamu ingin foto tampak seperti sebuah cover majalah, kamu dapat membuatnya dalam menu Template HD.

Like Facebook Page, Gabung Grup Facebook, Follow Twitter atau Add Google+ Anfa blog untuk terus mendapatkan informasi terbaru & tetap selalu setia menjalin tali silaturahmi diantara kita.

0 Response to "5 Aplikasi Android untuk Mempercantik Foto"

Post a Comment

- Tuangkan saran maupun kritik dan jangan meninggalkan Spam.
- Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan konten yang tersedia.
- Dilarang Promosi disini.