Solusi mengatasi penyakit yang sering terjadi di bulan puasa

Anfa blog - Adanya perubahan aktivitas dan pola makan berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Mungkin saja, akan ada masalah kesehatan yang muncul saat puasa karena efek perubahan ini. Berikut adalah beberapa masalah yang bisa timbul saat Anda menjalani puasa. Namun jangan khawatir, Anfa blog juga menyertakan solusi cara mengatasi masalah tersebut.

• Mulas

Produksi asam lambung ketika puasa akan meningkat karena lambung dalam keadaan kosong. Akibatnya, perut menjadi perih dan mulas.

Cara mengobati:

Untuk orang yang biasa mengonsumsi obat untuk gangguan pencernaan sebaiknya tetap mengonsumsinya ketika puasa. Waktu yang tepat untuk mengonsumsi obat ini yaitu ketika sahur.

Cara mencegah:

Sebaiknya konsumsi makanan sehat ketika sahur dan berbuka untuk menghndari perut mulas. Hindari makanan yang berminyak, makanan pedas dan gorengan. Sebisa mungkin hindari kafein ketika sahur maupun berbuka.

• Sakit kepala

Sakit kepala disebabkan oleh banyak hal seperti dehidrasi, kelaparan, kurang tidur. Penderita sakit kepala harus segera mendapat perawatan agar rasa pusing di kepala segera reda.

Cara mengobati:

Perbanyak konsumsi buah dan sayur, cukup minum air putih secara berkala. Jika diperlukan dapat mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk mengurangi rasa sakit kepala saat puasa.

Cara mencegah:

Hindari sinar matahari langsung, gunakan topi atau helm ketika keluar. Gunakan kacamata hitam untuk mengurangi efek silau cahaya matahari.

• Dehidrasi

Ketika puasa dehidrasi rawan terjadi sebab tubuh akan terus kehilangan cairan melalui keringat dan nafas. Sedangkan tubuh tidak mendapatkan asupan cairan karena tidak minum selama seharian.

Cara mengobati:

Resiko dehidrasi saat puasa akan lebih tinggi pada orang tua. Ketika sahur sebaiknya hindari minuman manis karena akan membuat perut terasa kenyang sehingga tidak ingin minum lagi. Selalu cukupi kebutuhan air putih, konsumsi minuman isotonik alami seperti air kelapa untuk menghilangkan dehidrasi.

Cara mencegah:

Pencegahannya hampir dengan pengobatan yang telah diuraikan di atas. Hindari pekerjaan yang terlalu berat karena akan mengeluarkan banyak cairan tubuh. Gunakan pakaian yang menyerap keringat karena membantu mengurangi penguapan cairan tubuh.

Sembelit

• Sembelit saat puasa terjadi karena tubuh kurang asupan air. Pola makan yang berubah serta aktivitas fisik yang kurang juga memicu sembelit.

Cara mengobati:

Perbanyak minum air putih. Bila perlu minum abat pencahar, namun sebaiknya jangan digunakan jangka panjang karena menyebabkan ketergantungan.

Cara mencegah:

Perbanyak makan buah dan sayur ketika sahur atau berbuka.

Sekian artikel ini semoga dapat menjadi panduan untuk anda yang sedang menderita penyakit di atas,semoga bermanfaat.

Like Facebook Page, Gabung Grup Facebook, Follow Twitter atau Add Google+ Anfa blog untuk terus mendapatkan informasi terbaru & tetap selalu setia menjalin tali silaturahmi diantara kita.

0 Response to "Solusi mengatasi penyakit yang sering terjadi di bulan puasa"

Post a Comment

- Tuangkan saran maupun kritik dan jangan meninggalkan Spam.
- Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan konten yang tersedia.
- Dilarang Promosi disini.