Tips Agar Mulut Tidak bau di bulan puasa

Pernahkah anda merasakan di saat bangun tidur di bulan puasa tiba-tiba mulut anda menguap dan kemudian mengeluarkan bau yg tidak sedap ?? apa reaksi anda saya jamin anda pasti pingsan kemudian tidur lagi sampai waktu buka puasa telah tiba :D hehe enak dong kalo gitu puasa nya tidur mulu ??? :D
Bau mulut yang terjadi ketika puasa sebenarnya hal yang wajar. Akan tetapi jika kita mensiasatinya dengan benar, maka bau mulut juga dapat diminimalisir meskipun sedang menjalani ibadah puasa. Alangkah nikmatnya jika kita dapat berpuasa namun terhindar dari bau mulut.
Penyebab bau mulut saat puasa
Di dalam mulut terdapat banyak bakteri yang menproduksi gas sulfur dari sisa makanan yang menempel di area mulut sehingga menyebabkan bau mulut.
Normalnya mulut ketika tidak berpuasa akan memproduksi saliva, namun ketika puasa produksi saliva di dalam mulut akan berkurang sehingga bakteri penyebab bau mulut akan berkembang dengan cepat.
Penyebab bau mulut saat puasa juga bisa terjadi dari dalam tubuh seperti yang terjadi pada penderita diabetes dan maag.

Cara mencegah dan mengatasi bau mulut saat puasa :

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih ketika sahur dan berbuka. Dengan cukup minum air putih, maka produksi saliva atau air liur juga akan bertambah sehingga mulut lebih bersih dan terhindar dari bau mulut.

2. Menggosok gigi dengan benar serta membersihkan lidah. Hal ini bertujuan untuk membersihkan sisa makanan di dalam mulut agar tidak membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap saat puasa.

3. Minum teh hijau saat sahur dan berbuka. Teh hijau ampuh atasi bau mulut saat puasa karena mengandungzat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan.

4. Jangan mengonsumsi makanan lengket seperti cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya. Makanan lengket seperti ini cenderung susah dibersihkan dan akan menempel lebih lama pada sela-sela gigi dan di area mulut sehingga menjadi pemicu timbulnya bau mulut.

5. Hindari makanan berbau tajam saat sahur dan berbuka. Makanan berbau menyengat seperti petai, jengkol atau durian merupakan makanan penyebab bau mulut sehingga harus Anda hindari ketika puasa. 

6. Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di antara gigi. Sisa makanan yang terselip di gigi akan membusuk dan menjadi penyebab bau mulut.

7. Lakukan olahraga ringan meskipun sedang berpuasa. Olahraga akan mengeluarkan racun dari dalam tubuh termasuk zat penyebab bau mulut. Hindari tidur dalam jangka waktu yang terlalu lama karena akam memicu bau mulut yang tidak sedap. 

Itulah 7 tips yg harus anda praktekan agar mulutmu tetap wangi di bulan puasa , Semoga bermanfaat ya artikel nya..

0 Response to "Tips Agar Mulut Tidak bau di bulan puasa"

Post a Comment

- Tuangkan saran maupun kritik dan jangan meninggalkan Spam.
- Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan konten yang tersedia.
- Dilarang Promosi disini.